Senin, 29 Oktober 2012

Peranan tekhnologi "foto digital"

.

Dengan semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, membuat hidup kita jauh lebih mudah. Salah satu contoh adalah teknologi foto digital. Dulu sebelum bekembangnya teknologi foto digital, produksi foto masih menggunakan kamera manual dengan menggunakan rol film, film harus kita habiskan dahulu baru kemudian dicuci cetak. Hasil foto apakah bagus atau jelek harus kita terima. Biaya yang dibutuhkan juga relative mahal mulai dari harga rol film, harga cuci dan harga cetak. Bahkan tak jarang terjadi seseorang yang menggunakan kamera foto, sudah jepret sana jepret sini, bergaya all out kayak artis.. eh ketika dibawa ke studio foto hendak dicuci cetak, ternyata filmnya terbakar alias gagal total .. betapa kecewanya.
            Prosesnya pembuatan fotopun cukup lama, untuk cuci – cetak kita harus ke studio foto tempat khusus yang menyediakan jasa cuci cetak foto. Dicuci dulu filmnya menggunakan bahan kimia khusus di ruangan gelap baru dicetak dengan alat khusus cetak foto yang mahal. Salah satu contoh ketika kita hendak membuat pas foto ukuran 3x4 sebanyak lima lembar, maka kita harus ke studio foto untuk di foto. Setelah itu selama lima hari lima tiga malam kita menunggu baru kita bisa menebus fotonya. Bayangkan jika kita membutuhkan pas foto tersebut untuk diserahkan hari itu juga, tentu tidak bisa! Bisa tetapi tentu dihitung kilat dengan biaya yang mahal.
            Bagaimana dengan sekarang?
Dengan berkembangnya teknologi foto digital, sangat membantu kita dalam memperoduksi foto menjadi lebih mudah, cepat dan tentu menjadi lebih murah. Kamera foto digital, memungkinkan kita melihat hasil foto langsung di kamera. Jepret sana jepret sini bergaya sesuka hati, kalau kita tidak suka dengan hasil jepretan, bisa langung kita buang. Kita bisa membuat foto sebanyak-banyaknya sebatas kapasitas memory card atau tempat menyimpan data yang kita punya, tidak seperti dulu yang menggunakan rol film yang maksimal hanya 36 foto. Bahkan sekarang ini teknologi kamera digital juga dimiliki oleh hampir semua produk hand phone (HP). Dengan HP berkamera, setiap orang mulai balita sampai orang jompo pun bisa membuat foto kapanpun dan dimanapun dia suka.
            Untuk mencetaknya pun sangat mudah. Kita hanya perlu mentransfernya ke computer dengan menggunakan perangkat yang ada seperti bluethooth, kabel data atau memory card, lalu dicetak menggunakan printer, tidak perlu dicuci cetak lagi seperti dulu. Yang dicetakpun yang mana yang kita mau saja. Sebelum dicetakpun kita bisa meng-edit fotonya dulu dikomputer supaya lebih bagus seperti yang kita inginkan, misalnya mengkrop (memotong), mencerahkan yang gelap, menggabung dua foto menjadi satu, sampai menghilangkan jerawat!
Prosesnya pun sangat cepat! Untuk membuat pas foto 3x4 sebanyak lima lembar, dibutuhkan waktu kurang lebih 5 menit, tidak 5 hari lagi seperti dulu. Dengan demikian biaya yang dibutuhkan pun menjadi jauh lebih murah.  Bahkan trend sekarang ini semakin jarang orang ber-foto di studio foto, mereka cukup ber-foto di rumah dengan kamera HP lalu dibawa ke studio foto untuk dicetak.
            Dengan teknologi foto digital yang semakin murah, membuat usaha dibidang cetak foto digital semakin berkembang, bukan hanya milik pengusaha yang memiliki modal banyak, tetapi juga bisa dilakukan oleh pemodal kecil. Dengan perangkat computer, printer, dan kamera poket, orang sudah bisa membuka usaha foto studio digital.
            Nah, dengan melihat fenomena ini, tak ayal lagi teknologi foto digital semakin mempermudah kita dalam memproduksi foto.

0 comments

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Blog Anisa Zahra
Intro? Anisa Zahra, 97L, Shawol, Minho biased, Lombok.
Lihat profil lengkapku